A’udzubill ahi minassy aitho onirrojiim .
Bismillahirohnirr ohiim
QS An N ahl 18 (1 6:18): “D an jika kamu men ghi tun g-hitu ng nikm at All oh, nisc aya kamu tak dapat menent ukan jumlah nya.
Ses unggu hnya All oh benar-benar Ma ha Pe ngampun lag i Mah a Pe nyayang”
QS Ibrahim ay at 7 (14 :7): Dan (ingatlah ju ga), tatkala Tu hanmu memaklu mkan; "Ses ungguhnya jik a ka mu bers yukur , pasti Kami ak an
menambah (nikm at) ke padam u, d an jik a ka mu mengin gkari (nikm at- Ku), m aka ses ung guh nya a zab-Ku sanga t pedih".
QS Al Ankabuut ay a t 2 (29:2):
Apak ah man usia itu mengira ba hwa mere ka dib iarkan (s aja) meng atakan: " Kam i telah ber ima n" , se dang mer eka tidak diuji la gi?. Dan ses ung guhnya ka mi telah menguji oran g-ora ng yang sebe lum mere ka, mak a
se sungguh nya Alloh mengetahui orang-ora ng ya ng ben ar da n se sungguh nya Dia men getah ui ora ng-ora ng y ang d usta.
QS At Ta ubah ayat 20 (9:2 0):
Orang-oran g yan g berima n d an berhijrah se rta b er jihad di jalan Alloh den gan hart a, ben da dan di ri mere ka, adalah lebih tinggi der ajat nya d i sisi Alloh; d an itulah oran g-ora ng yang menda pat kemenangan .
QS Ash Shaff ay a t 1 0-1 4 (61:1 0-1 4):
(10) Hai orang-ora ng ya ng beriman, suk akah kamu ak u t unjukka n su atu per nia gaa n (bisn is) y ang dapat menye lamatkan mu dari azab yang pedi h?
(11) (y aitu) kamu ber iman kepada Alloh dan Ras ulNy a dan ber jihad di ja lan Alloh deng an harta dan jiw amu . Itulah y a ng lebih ba ik b agim u, jika kam u menget ahui.
(12) Niscaya Allo h ak an mengam puni dosa- dosa mu dan mem asukkan mu ke dal am ja nna h (s urga) yang mengalir di baw ahnya sung ai-su ngai; d an (mem asukkan k amu) ke tem pat ti ngg al ya ng baik di dalam
janna h 'Ad n (s urga tertinggi) . Itulah keber untun gan ya ng besar. (13) Dan (ada lagi) karu nia yang la in yang kamu sukai (y aitu) pertolo nga n d ari A llo h d an kemena nga n yang
dekat (wakt unya) dan s ampaikanlah ber ita gem bira kepada orang-orang y ang beriman.
QS Yusuf ay a t 1 11 (12: 111): Ses unggu hnya pad a kis ah-kis ah mere ka itu ter dapat pengaj aran bag i ora ng- orang yang mempun y ai aka l.
Al Quran itu bukanlah ce rita yang di buat-bua t, a kan tet api membenarka n (kitab-kita b) yang se be lumnya dan me njelaskan sega la ses uat u, d an seba gai pe tunjuk dan rahm at bagi k aum ya ng beriman.
QS Aali Imra an ayat 191 (3:191).
(y aitu) orang-ora ng ya ng mengi nga t Alloh sambil ber diri ata u d uduk atau da lam keada n berbari ng dan mer eka memikirkan tent ang pencip taa n l ang it d an bumi (se ray a berkata): "Ya Tuha n ka mi, tiada lah Engk au
menciptakan ini dengan sia-sia, Ma ha Suci Engk au, m aka pelihara lah kam i d ari siksa ner aka.
QS Al Q ashash ayat 77 (28 :77):
UJ IAN TENGAH SEMESTER KELAS B MKDU ISLAM Selasa, 6 Novem ber 2012.
Dan carilah pada ap a yan g tel ah dia nugerahk an Alloh kepadamu (ke bahagi aan) neger i akhira t, d an
janga nla h ka mu mel upak an bahag ian mu dari (p otensi kenikmatan) duniawi dan berbuat baikl ah (ke pada orang lain) se bagaimana Alloh tel ah berbuat ba i k, kepadam u, d an j ang anl ah k amu ber bua t ker usakan di
(muka) bum i. Ses ungguhny a Alloh tidak meny uk ai ora ng- orang yang ber bua t ker usakan .
QS Ash Shaff aya t 4 (61:4): Ses unggu hnya All oh meny uk ai ora ng yang berpe rang (melakuk an amar m a’ruf nahi munk ar at au mengajak
ke ke baikan da n meme rangi kejahatan) dijal an- Ny a dalam barisan y a ng ter atur se akan-aka n me re ka se perti suatu bangun an ya ng ters usun koko h (sa ma den gan deng an Ma naje men yang baik dan be rs ama-
sama).
QS Aali Imra an ayat 19 (3:1 9): Sesungguhnya agama (y ang diridhai) disisi Alloh ( Tuhan) ha nyala h Isl am. Tiad a bers elisih ora ng- o rang yang telah diber i A l K ita b[*] kecuali se sudah datang p engetahuan kep ada mere ka, karena kede ngki an (y ang ada) di antara mer eka. Barangsiapa y a ng k afir ter had ap ay a t-aya t Alloh Maka Ses ung guh nya Alloh sa ngat ce pat
hisab-Ny a. [*] Mak sudnya ialah Kita b-Kitab yang diturun kan sebelum Al Quran .
QS Al B aqara h ayat 2 08 (2:2 08):
Hai orang-ora ng ya ng beriman, m asukla h k amu ke dalam ( Sistem Manaje men) Islam (se cara) ke seluruhan (kaaffah, total, tidak sete ngah-sete ngah denga n istiqo mah at au k ont inu da n ko nsekue n agar tidak
bermasalah dalam keh idu pan) , dan janganlah ka mu turut l angkah -la ngka h Sya ith an. Ses ung guh n y a Syaith an itu musuh y ang ny ata bagi mu.
QS An Nis aa 170 (4:170):
Wahai manusi a, se sungg uhnya tela h d ata ng Ros ul (Muhammad) itu kepad amu deng an (memb a wa) kebe naran d ari Tuh anm u, mak a berima nla h k amu, itulah yang lebi h b aik bag imu . Dan jika k amu kafir,
(maka kekafiran itu ti dak mer ugikan Al loh sedikitpun) k arena se sungg uhnya ap a yan g d i l ang it d an di bumi itu adalah kepunya an All oh. Dan ada lah Al loh Maha Me nget ahu i l agi Maha Bijaksa na.
Abu Dz ar rodhiyall ahu 'anhu ber tanya, “Wahai R osululloh, ber apak ah ju mla h n abi seluruhnya?” Be liau menjawab, “ 124 .00 0 ora ng dan 31 3 d i a ntara nya adalah rasul.” (H R. Ahmad).
“Sebaik-baik um atku ad ala h p ada abadk u i ni, ke mudian ya ng ses uda hny a dan yang se sudahny a . Kemudian
se sudah mer eka muncul sua tu k aum ya ng memb er i kes aksian tetap i t idak bisa di perc aya kes aksianny a. Me reka ber khiana t d an tid ak dapat dia man ati . M ereka ber nazar (ber janji) tetapi tidak mene patinya da n
mer eka tampak gemuk- gemuk.” (H R. Tirmidzi)
”Barangsiapa menye rupai (me niru-niru) tingka h-laku su atu kaum m aka dia ter golong dari me re ka.”
(H R. Abu D awud)
”D apat diperkir akan ba hwa kam u ak an dipere butkan oleh ban gsa-ban gsa l ain sebaga ima na orang-oran g y ang bere but me lah ap isi mangk ok (makanan).” Para saha bat ber tanya, "Apak ah sa at itu juml ah kami
UJ IAN TENGAH SEMESTER KELAS B MKDU ISLAM Selasa, 6 Novem ber 2012.
se dikit, ya Rosu lul loh ?" Belia u menjaw ab, "Ti dak , bahk an sa at itu juml ah k ali an banyak sekali tetapi sepe rti
buih air bah (tid ak bergu na) d an k ali an dit impa p eny akit wahan." Mer eka ber tanya l agi, " Apa it u peny akit wahan, ya R osulu llo h?" Beli au menjawab, "Kec intaan yang sangat kepad a d uni a d an tak ut mati."
(H R. Abu D awud)
Pada su atu hari Rosul ull oh sh ola lla hu ‘ ala ihi was allam ber sabda kepa da para sa habat nya: "Kamu kini je las atas pet unjuk dari Robbmu, meny uruh kepada yang ma'ruf, mence gah dari y a ng mun gkar d an b er jihad di
jalan Alloh. Kemu dia n munc ul di k ala nga n k amu dua hal yang memab ukkan, yaitu kemewahan hidup (l upa diri) dan kebodohan. Ka mu beralih ke si tu dan be rj angkit di k ala ngan k amu ci nta du nia . K alau ter jadi ya ng
demikian kamu tidak aka n l agi ber amar m a'ruf, nahi mu ngkar dan ber jihad di jalan A llo h. Di kal a itu y ang menegakkan Al Q uran da n S unn ah, baik deng an se mbuny i m aup un ter ang-ter angan, ter gol ong or ang-
orang ter dahulu dan yang pertama-tama masuk Islam. (H R. Al Hakim dan Tirmidz i)
Pe rbuatan dosa mengak iba tkan sial ter had ap orang y a ng buk an pelaku nya. Kalau dia me nce lanya mak a
bisa ter kena ujian (c obaan). Kalau meng gunjingn y a dia ber dosa dan kal au dia meny etujuinya mak a se olaholah dia ik ut mel akuka nny a.
(H R. Ad-D ail ami)
”Ses ungguhnya ber mul a d atangnya Isl am dia nggap asin g (aneh) dan aka n d ata ng kem bali asi ng. Namun berbahagial ah orang-ora ng asing it u.” Para sa habat ber tanya kep ada Rosul ull oh sh olalla hu ‘ ala ihi
wasallam, "Ya a R osulullo h, apa yang dimaksu d o rang asi ng (a neh) itu ?" La lu Rosul ull oh sh ola lla h u ‘alaihi wasallam menja wab, "Oran g y ang melak ukan k ebaikan-kebaik an di sa at orang -ora ng mel akuka n
pengrusakan." (H R. Muslim)
”Demi Alloh, buka nlah keme larat an ya ng aku takuti bil a menimpa kalian, te tap i yan g ku taku ti a dalah bila dilapangkannya dunia bagimu sebaga imana pernah dil apangk an (d imudahk an) b agi oran g-ora n g y ang se belum kali an, lal u kalia n saling ber lomba seba gaim ana mere ka berlomba, la lu k ali an dib inasak an
olehnya seba gaim ana mer eka dibinas akan .” (H R. Ahmad)
Sebaik-baik urusan ad ala h yan g perte ngaha nny a (y ang a dil at au tid ak berle bih -lebihan). (H R. Al-B aihaqi)
Me nuntut ilm u w ajib atas tiap m uslim (baik musl imin maupun musl imah). (H R. Ib nu Maj ah)
Apabila kam u melewati taman-taman surga, minuml ah hin gga pu as. Para s aha bat ber tanya, "Y aa Rasulullah, apa yan g dimaksu d t ama n-t ama n sur ga itu?" N abi SAW menjaw ab, "Majelis-m ajelis ta’lim."
(H R. Ath-Th abran i)
Saling ber lakula h jujur dal am ilmu ( aga ma) d an j ang an sa lin g mer ahasi akan nya. Sesungg uhnya be rkhianat dalam il mu pengeta hua n (ag ama) lebih ber at hu kumannya daripada berkhian at dal am harta . (H R. Ab u
Na'im)
UJ IAN TENGAH SEMESTER KELAS B MKDU ISLAM Selasa, 6 Novem ber 2012.
KETENTU AN CARA MENJAW AB:
Sifa t Uj ian: o Ta ke Home Quiz o Waktu 1 mingg u o Ja waban dikumpu lkan di Ketua Kelas masing-m asing Fakultas o Berkas total lembar ja waban dikump ulkan dalam satu Amplop besar di Fakultas ma sing-ma sing. Sem ua peserta Ujian ya ng mengumpulkan berkas ja waban , WAJIB mena ndatan gani daftar Absensi
Peserta dan Daf tar Absensi ini HARUS disertakan di dalam Amplop besa r kump ulan Lembar Ja waban. Ja waban mengg unaka n TULISAN TANGAN, bukan hasil cetakan atau ketikan. MINIMAL pembah asa n sebanya k 4 HALAMAN Folio berga ris stand ar Lemba r Jawab an. Guna kan aneka das ar Teori Akidah Islam dan Pem bah asan kesalahan Aliran-Alira n Filsaf at dan
Seja ra hnya yang telah diaj ar kan SAMP AI UTS untuk menja wab , dan terang kan masing -masing pemikiran da n argumen anda denga n BERDASARKAN aneka Teori ini .
Jika ada jawab an-jawab an yang sam a serupa , ma ka para penjawab aka n dimintai pertang gungjawabannya, berisiko pengulan gan Uj ian denga n konsekuensi nilai tidak penuh atau pembekua n nilai atau bahka n pembatalan nilai total.
1. SO AL MENGENAI PENGU ASAAN T EORI DASAR AKID AH ISLAM (Nilai 25%)
a. Terangka n se jelas-jelasnya mengenai Is lam, Ima n, dan Ihs an. Lebih baik, jika juga beserta dali l sum ber rujukannya da lam ag ama Is lam, baik dari Al Quran maupun Al Ha dits (As Sunna h).
b. Terangka n cont oh sehar i-ha ri dari (masing-mas ing ) bag aimana ca ra berislam, ber iman, dan berihsan . c. Terangka n contoh se hari -har i tentang perilaku o rang yang berislam, namun bole h jadi se dang tidak
beriman, apa lagi yang juga sedang tidak ber ihsa n. d. Terangka n conto h se hari-har i tentang pelaks anaan Ihs an, yang juga benar-benar mencakup Iman, dan
Is lam. e. Sebutkan jumlah Nabi dalam Is lam se suai ket erangan Hadits dan se butkan setidaknya nama 25 Nabi d i
antaranya.
2. SO AL MENGENAI PENGU ASAAN TEORI D ASAR SEJARAH ISLAM DAN PERANG AKIDAH ATAU GHAZWUL ’AQIDAH (Nilai 25 %)
a. Terangka n se jelas-jelasnya mengenai Fi lsafat Mas a Yunani Kuno dan kesa lahannya b. Terangka n se jelas-jelasnya mengenai Fi lsafat Mas a Abad Pertengahan da n kes alahannya c. Terangka n se jelas-jelasnya mengenai Mas a Renaiss ance dan hu bunga nnya dengan Is lam d. Terangka n se jelas-jelasnya mengenai Fi lsafat Mas a Modern dan kes alahan nya e. Terangka n se jelas-jelasnya mengenai Fi lsafat Mas a Post-Modern dan hubunga nnya dengan Islam
UJ IAN TENGAH SEMESTER KELAS B MKDU ISLAM Selasa, 6 Novem ber 2012.
3. ST UD I KASU S I (Nilai 50%):
Erwin adala h s eorang laki- laki yang se jak kecil a dalah se orang pelajar se kolah yang p intar , dengan b anyak nila i se kolah yang bagus se jak SD hingg a SMA (SMU), dan juga lulusan S-1 Tekn ik dari se buah inst itu t tek nologi terkenal di Indones ia.
Walaup un orang Jawa, ia besar di lua r Jawa, kare n a orangt uanya bertugas di luar pulau Jawa.
Kedua ora ngtuanya, walaupu n berag ama Is lam, memang bukan berasa l dari keluarga yang cu kup akrab dengan aga ma Is lam dan kek ayaa n budayany a. Is lam tak lebih da ripa da se bagai ritua l sa ja ba gi mereka, misalnya untuk sy arat sa hnya men ikah da n se ba ga i alasan ’kum pul-kumpul’ di sa at Lebaran (wal aupun tak berpuas a Ramadha n as alkan ’kum pul-kumpul’).
Dan di kota tempat tempat ia dibesarkan di lua r Jawa itu, memang se kolah-sekolah yang diangg ap bagus adalah se kolah Katol ik, se hing ga orangt uanya yang cenderung se kuler pun memas ukkannya ke se kolah Katolik. Ia se jak kecil, berse kolah di sek ola h Katoli k hingg a jenjang SMA.
Ia juga akhirnya murtad dar i ag ama Is lam.
Ia menyamakan Katolik dan Protes tan dengan gemilangnya kebudayaan Barat (dua hal yang se ring se cara mudah menjadi sa tu penyamarataan yang artinya se akan sa ma dan berhubungan kuat). Menurutnya , tek nologi Barat - yang untuknya mencengangk an - adalah karena aga ma dan ora ng-orang Katolik, Prost es tan, dan Yahudi, yang notabe ne adala h kaum mayoritas dari bangsa atau ras kulit puti h (Kaukasia).
Dalam kehidupan se hari-ha rinya, kemud ian ia pu n terbias a dengan apa yang ia angg ap se baga i tatacara dan keg emilangan budaya-budaya Barat (itu). Apalag i pentingnya ilmu- pengetahuan, yang se akan-akan menjadi cir i khas ke unggulan se kolah Kristen-Kato lik d i ma sa kini, sanga t ditek ankan oleh kedua orangtuanya.
Dan melihat seg ala kek acauan di Indo nesia, ia be r angg apan se gala kekacauan di In donesia a dalah karena Is lam dan o rang I slam, yang memang adalah mayoritas j umlahnya di Ind ones ia.
Mak a pada sa at ia mengalami banyak tek anan da lam kehidupannya (te rmasuk berbagai go ncanga n keluarga ) ia pun kemud ian menja di terbias a untuk m encari ket enangan dari kal imat-kalimat Inj il yang telah diterjemahkan menjadi se demikian inda hnya tentunya, bukan ke sumber Islam, yang tak ia kenali atau yang ia tak akrab dengannya.
Dan karena ia kemudian menjadi penci nta ilmu -penget ahuan, se mentara kiblat ilmu -penget ahu an saa t ini boleh d ikatakan kiranya, adalah Barat, se makin lengk ap pulalah ki ranya alasan-alas annya untuk melakukan ’migrasi’ agama tersebut.
Ada pula kenya taan bahwa akhirnya setelah pernah menikah dengan se orang muslimah yang entah mengapa kurang menunjukkan kecoc okan hu bunga n d i an tara mereka, istri keduanya yang sa ngat ia cintai kemudian, adalah se orang wanita yang ia temui sa at itu dihamili o rang yang tak bertang gungja wab, cantik, yang berag ama Kristen-Protes tan pu la.
UJ IAN TENGAH SEMESTER KELAS B MKDU ISLAM Selasa, 6 Novem ber 2012.
Ditambah faktor lain se iri ng dengan kejat uhan ekonomi orangt uanya karena ibunya yang se nang berjudi, dan adik laki-lak inya yang tak pintar berse kolah namun suka berspek ulas i bisnis, yang membawa banyak mas alah besar - padaha l dari sudut pa ndangny a adiknya i tu se akan lebih menda lami Is lam karena le bih ra jin sholat - maka ia merasa menemukan ket enangan dan k eb enaran d i perempuan yang ia cinta i itu , dan d i aja ran Kr isten di masa se kolah Kato liknya, yang tentu saja ia kait kan denga n i lmu-pe nget ahuan serta teknologi.
Ia juga bertemu banyak orang yang telah pinda h aga ma se jak jaman orangt uanya ke K rist en (d ari Is lam), karena pemurtadan berked ok bantuan makanan, uang, kes empatan berse kolah, bahkan pekerjaa n. Sebagai catatan, ora ng2 in i b iasanya dari kalangan bawah, dulunya.
Mak a karena ini dan ka rena sebab-sebab di atas , Erwin tak se ga n meningg alkan ag ama asalnya, Is lam.
Orangtuanya yang kemudian menyadari perana n ag ama namun terlambat menyadar inya, tak dap at berbuat banyak.
Ini adalah bebera pa kalimat ucapan nya :
"Teknologi Moder n ada lah seg alanya! Segala ha l d apat dih itung dengan Teknol ogi!"
"Ras Barat kulit putih (Kaukasia) dan perada ban Krist ennya adalah yang terbaik. Bangs a kulit putih patut menol ongi ba ngs a lain untuk le bih berada b!"
"Indonesia yang kacau ada lah karena agama Is lam dan musl im."
"Agama dan se ga la ancaman se rta atura nnya han yalah mitos atau d onge ng-takhay ul tak penting. "
"Semua ag ama mengajarkan kebaikan dan kebenaran, se mua ag ama sa ma sa ja, kalaupun Tuha n itu ada, maka se mua aga ma menuju T uhan. Semu a aga ma baik dan be nar. Hanya jala nnya sa ja yang berbeda-be da! Kalau Tuhan itu tidak pernah a da, aturan ag ama manapun bagus se muanya untuk landasan moral"
Ada aneka kesimpulan kesalaha n Akidah (d alam pan dan gan Islam ) dan pengar uh salah aneka jenis A lira n Filsaf at dar i berba ga i masa (m isalnya Filsaf at Ma sa Yunani Kuno, Abad Per tenga han, Ma sa Renaissance, Abad Mod ern, Abad Po s-Modern) dalam kasus ini.
Analisalah kasu s ini, denga n meng gunakan aneka pengetahu an, terutam a yang bertentangan denga n standa r Akidah Islam da n pengaruh salah Aliran-aliran Filsafat, yan g telah diaj ar kan da lam perkuliaha n.
Sa mpai dengan UT S sehar usnya anda telah diaja rkan dan mem pelajari aneka jenis Aliran Filsafa t dan kesalaha n ma sing-ma sing dalam standar Islam . Kita bersa ma meng etahui, anda memang belum mem pelaja ri dalam aneka stand ar Akidah Islam ya ng insya Allah aka n mulai diajarka n setelah UTS.
Ma ka analisalah Kasus ini denga n UT AMANYA , denga n TITIK BERAT, pengetahu an and a aka n aneka kesalaha n Aliran-aliran Filsafat selam a bera bad-abad .
UJ IAN TENGAH SEMESTER KELAS B MKDU ISLAM Selasa, 6 Novem ber 2012.
Sebutkan lah SECARA UM UM KRITERIA kesalaha n Akidah (ya ng bertentanga n denga n Akidah Islam ) dan SECARA TERIN CI PENGARUH aneka Aliran Fi lsafa t ya ng suda h popu ler dengan disada ri atau tidak di sekitar kita, denga n meny ebutkan NAMA D AN KRITERIA kesalaha n aliran Filsaf atnya BERKENAAN DENGAN ST UDI KASU S INI.
Guna kanlah Da lil-dalil itu .
Ja nganlah menjawab deng an hany a mengg unakan penda pat anda pribadi!
0 Response to "Soal UTS MKDU ISLAM "
Post a Comment