DOWNLOAD

Soal UTS MKDU ISLAM




 A’udzubill ahi minassy aitho onirrojiim .

Bismillahirohnirr ohiim 

QS An N ahl  18 (1 6:18):  “D an jika kamu men ghi tun g-hitu ng nikm at All oh, nisc aya kamu tak dapat menent ukan jumlah nya.

Ses unggu hnya All oh benar-benar Ma ha Pe ngampun lag i Mah a Pe nyayang” 

QS Ibrahim ay at 7 (14 :7):  Dan (ingatlah ju ga),  tatkala Tu hanmu memaklu mkan; "Ses ungguhnya jik a ka mu bers yukur , pasti Kami ak an

menambah (nikm at) ke padam u, d an jik a ka mu mengin gkari  (nikm at- Ku),  m aka ses ung guh nya a zab-Ku sanga t pedih".

 QS Al Ankabuut ay a t 2  (29:2):

 Apak ah man usia itu  mengira  ba hwa  mere ka dib iarkan (s aja) meng atakan: " Kam i telah ber ima n" , se dang mer eka tidak diuji  la gi?.  Dan ses ung guhnya ka mi  telah menguji  oran g-ora ng yang sebe lum  mere ka, mak a

se sungguh nya Alloh mengetahui orang-ora ng ya ng ben ar da n se sungguh nya Dia men getah ui ora ng-ora ng y ang d usta.

 QS At Ta ubah ayat 20 (9:2 0):

Orang-oran g yan g berima n d an berhijrah se rta b er jihad di jalan Alloh den gan  hart a, ben da dan di ri mere ka, adalah lebih tinggi der ajat nya d i sisi Alloh; d an itulah  oran g-ora ng yang menda pat  kemenangan .

 QS Ash Shaff ay a t 1 0-1 4 (61:1 0-1 4):

(10) Hai orang-ora ng ya ng beriman, suk akah kamu ak u t unjukka n su atu  per nia gaa n (bisn is) y ang dapat menye lamatkan mu dari azab  yang  pedi h?

(11) (y aitu) kamu  ber iman kepada Alloh dan Ras ulNy a dan ber jihad di ja lan  Alloh deng an harta  dan jiw amu . Itulah y a ng lebih ba ik b agim u, jika  kam u menget ahui.

(12) Niscaya Allo h ak an mengam puni dosa- dosa mu dan mem asukkan mu ke dal am ja nna h (s urga)  yang mengalir di baw ahnya  sung ai-su ngai; d an (mem asukkan k amu) ke tem pat  ti ngg al ya ng baik  di  dalam

janna h 'Ad n (s urga tertinggi) . Itulah keber untun gan ya ng besar.  (13) Dan (ada lagi) karu nia  yang  la in  yang kamu sukai (y aitu) pertolo nga n d ari A llo h d an kemena nga n yang

dekat (wakt unya)  dan s ampaikanlah ber ita  gem bira kepada orang-orang y ang beriman. 

QS Yusuf ay a t 1 11 (12: 111):  Ses unggu hnya pad a kis ah-kis ah mere ka itu ter dapat pengaj aran bag i ora ng- orang yang  mempun y ai aka l.

Al Quran itu bukanlah ce rita yang di buat-bua t, a kan tet api  membenarka n (kitab-kita b) yang se be lumnya dan me njelaskan sega la ses uat u, d an seba gai  pe tunjuk dan rahm at bagi k aum ya ng beriman.

 QS Aali Imra an ayat 191  (3:191).

 (y aitu) orang-ora ng ya ng mengi nga t Alloh sambil ber diri ata u d uduk atau  da lam  keada n berbari ng dan mer eka memikirkan tent ang  pencip taa n l ang it d an bumi  (se ray a berkata):  "Ya Tuha n ka mi, tiada lah Engk au

menciptakan ini dengan sia-sia, Ma ha Suci Engk au, m aka pelihara lah  kam i d ari siksa ner aka. 

QS Al Q ashash ayat 77 (28 :77):





UJ IAN  TENGAH SEMESTER  KELAS B MKDU ISLAM Selasa, 6 Novem ber 2012.

 Dan carilah  pada  ap a yan g tel ah dia nugerahk an Alloh kepadamu (ke bahagi aan) neger i akhira t, d an

janga nla h ka mu mel upak an bahag ian mu dari (p otensi kenikmatan) duniawi dan berbuat baikl ah (ke pada orang lain) se bagaimana Alloh tel ah berbuat  ba i k, kepadam u, d an j ang anl ah k amu  ber bua t ker usakan di

(muka) bum i. Ses ungguhny a  Alloh tidak meny uk ai ora ng- orang  yang  ber bua t ker usakan . 

QS Ash Shaff aya t 4  (61:4):  Ses unggu hnya All oh meny uk ai ora ng yang berpe rang (melakuk an amar m a’ruf nahi munk ar at au mengajak

ke ke baikan  da n meme rangi  kejahatan) dijal an- Ny a dalam barisan y a ng ter atur se akan-aka n me re ka se perti suatu bangun an ya ng ters usun koko h (sa ma den gan  deng an Ma naje men yang baik dan  be rs ama-

sama). 

QS Aali Imra an ayat 19 (3:1 9):  Sesungguhnya agama (y ang diridhai) disisi  Alloh ( Tuhan) ha nyala h Isl am.  Tiad a bers elisih ora ng- o rang yang telah diber i A l K ita b[*] kecuali se sudah  datang p engetahuan kep ada  mere ka, karena kede ngki an (y ang ada) di antara  mer eka. Barangsiapa y a ng k afir ter had ap ay a t-aya t Alloh Maka  Ses ung guh nya Alloh sa ngat ce pat

hisab-Ny a. [*] Mak sudnya ialah Kita b-Kitab yang  diturun kan sebelum  Al Quran .

 QS Al B aqara h ayat 2 08 (2:2 08): 

Hai orang-ora ng ya ng beriman, m asukla h k amu ke  dalam ( Sistem Manaje men) Islam (se cara) ke seluruhan  (kaaffah, total, tidak sete ngah-sete ngah denga n istiqo mah  at au k ont inu  da n ko nsekue n agar tidak

bermasalah dalam keh idu pan) , dan janganlah ka mu turut l angkah -la ngka h Sya ith an.  Ses ung guh n y a Syaith an itu musuh y ang  ny ata bagi mu.

 QS An Nis aa 170  (4:170): 

Wahai manusi a, se sungg uhnya  tela h d ata ng Ros ul (Muhammad) itu  kepad amu  deng an (memb a wa) kebe naran d ari Tuh anm u, mak a berima nla h k amu, itulah yang lebi h b aik bag imu . Dan  jika k amu kafir,

(maka kekafiran itu  ti dak mer ugikan Al loh  sedikitpun) k arena se sungg uhnya  ap a yan g d i l ang it d an di bumi itu adalah  kepunya an All oh.  Dan ada lah  Al loh  Maha Me nget ahu i l agi  Maha  Bijaksa na.



Abu Dz ar rodhiyall ahu 'anhu ber tanya, “Wahai R osululloh,  ber apak ah ju mla h n abi  seluruhnya?” Be liau menjawab, “ 124 .00 0 ora ng dan  31 3 d i a ntara nya  adalah rasul.”  (H R. Ahmad).

  “Sebaik-baik  um atku ad ala h p ada abadk u i ni, ke mudian ya ng ses uda hny a dan yang se sudahny a . Kemudian

se sudah mer eka muncul sua tu k aum ya ng memb er i kes aksian tetap i t idak  bisa  di perc aya kes aksianny a. Me reka ber khiana t d an tid ak dapat dia man ati . M ereka ber nazar (ber janji) tetapi tidak mene patinya da n

mer eka tampak  gemuk- gemuk.”  (H R. Tirmidzi)

 ”Barangsiapa menye rupai (me niru-niru)  tingka h-laku  su atu  kaum m aka dia  ter golong  dari me re ka.”

(H R. Abu D awud) 

”D apat diperkir akan  ba hwa  kam u ak an dipere butkan oleh ban gsa-ban gsa l ain  sebaga ima na orang-oran g y ang bere but me lah ap isi mangk ok (makanan).”  Para saha bat  ber tanya, "Apak ah sa at itu  juml ah kami





UJ IAN  TENGAH SEMESTER  KELAS B MKDU ISLAM Selasa, 6 Novem ber 2012.

 se dikit, ya Rosu lul loh ?" Belia u menjaw ab, "Ti dak , bahk an sa at itu  juml ah k ali an banyak sekali tetapi sepe rti

buih air bah  (tid ak bergu na) d an k ali an dit impa p eny akit wahan."  Mer eka ber tanya l agi, " Apa  it u peny akit wahan, ya R osulu llo h?" Beli au menjawab,  "Kec intaan  yang  sangat  kepad a d uni a d an tak ut mati." 

(H R. Abu D awud) 

Pada su atu  hari Rosul ull oh sh ola lla hu ‘ ala ihi was allam ber sabda kepa da para sa habat nya: "Kamu  kini je las atas pet unjuk  dari Robbmu,  meny uruh kepada  yang ma'ruf, mence gah dari y a ng mun gkar d an b er jihad di

jalan Alloh. Kemu dia n munc ul di k ala nga n k amu dua hal  yang  memab ukkan, yaitu kemewahan hidup (l upa  diri) dan kebodohan.  Ka mu beralih ke si tu dan  be rj angkit di k ala ngan k amu ci nta  du nia . K alau ter jadi ya ng

demikian kamu tidak  aka n l agi  ber amar m a'ruf, nahi mu ngkar dan  ber jihad  di  jalan A llo h. Di  kal a  itu y ang  menegakkan Al Q uran  da n S unn ah, baik  deng an se mbuny i m aup un ter ang-ter angan, ter gol ong  or ang-

orang ter dahulu dan yang pertama-tama masuk Islam.   (H R. Al Hakim dan Tirmidz i)

 Pe rbuatan dosa mengak iba tkan  sial  ter had ap orang y a ng buk an pelaku nya. Kalau dia me nce lanya mak a

bisa ter kena ujian (c obaan). Kalau meng gunjingn y a dia  ber dosa dan  kal au dia  meny etujuinya  mak a se olaholah dia ik ut mel akuka nny a.

(H R. Ad-D ail ami) 

”Ses ungguhnya ber mul a d atangnya Isl am dia nggap asin g (aneh) dan aka n d ata ng kem bali asi ng. Namun berbahagial ah orang-ora ng asing  it u.” Para sa habat ber tanya kep ada  Rosul ull oh sh olalla hu ‘ ala ihi

wasallam, "Ya a R osulullo h, apa yang dimaksu d o rang asi ng (a neh) itu ?" La lu Rosul ull oh sh ola lla h u ‘alaihi wasallam menja wab,  "Oran g y ang melak ukan  k ebaikan-kebaik an di sa at orang -ora ng mel akuka n

pengrusakan."  (H R. Muslim)

 ”Demi Alloh, buka nlah keme larat an ya ng aku takuti bil a menimpa  kalian, te tap i yan g ku taku ti a dalah bila dilapangkannya dunia bagimu  sebaga imana pernah dil apangk an (d imudahk an) b agi  oran g-ora n g y ang  se belum kali an, lal u kalia n saling  ber lomba seba gaim ana  mere ka berlomba,  la lu k ali an dib inasak an

olehnya seba gaim ana mer eka dibinas akan .”  (H R. Ahmad)

 Sebaik-baik  urusan  ad ala h yan g perte ngaha nny a  (y ang a dil at au tid ak berle bih -lebihan). (H R. Al-B aihaqi)

 Me nuntut ilm u w ajib atas tiap m uslim  (baik musl imin maupun musl imah).  (H R. Ib nu Maj ah)

Apabila kam u melewati taman-taman surga,  minuml ah hin gga  pu as. Para s aha bat  ber tanya, "Y aa Rasulullah, apa yan g dimaksu d t ama n-t ama n sur ga itu?" N abi  SAW menjaw ab, "Majelis-m ajelis ta’lim."

(H R. Ath-Th abran i)

Saling ber lakula h jujur dal am ilmu ( aga ma) d an j ang an sa lin g mer ahasi akan nya. Sesungg uhnya  be rkhianat  dalam il mu pengeta hua n (ag ama) lebih ber at hu kumannya daripada berkhian at dal am harta . (H R. Ab u

Na'im) 





UJ IAN  TENGAH SEMESTER  KELAS B MKDU ISLAM Selasa, 6 Novem ber 2012.

 KETENTU AN CARA MENJAW AB:

  Sifa t Uj ian:  o  Ta ke Home Quiz o  Waktu 1 mingg u  o  Ja waban dikumpu lkan di Ketua Kelas masing-m asing  Fakultas  o  Berkas total lembar  ja waban  dikump ulkan dalam  satu Amplop besar  di Fakultas ma sing-ma sing.   Sem ua peserta Ujian ya ng mengumpulkan berkas ja waban , WAJIB mena ndatan gani daftar  Absensi

Peserta dan  Daf tar Absensi ini HARUS  disertakan  di dalam  Amplop besa r kump ulan Lembar Ja waban.    Ja waban mengg unaka n TULISAN TANGAN, bukan  hasil cetakan atau ketikan.    MINIMAL pembah asa n sebanya k 4 HALAMAN Folio berga ris stand ar  Lemba r Jawab an.   Guna kan aneka das ar Teori Akidah  Islam  dan Pem bah asan kesalahan Aliran-Alira n Filsaf at dan

Seja ra hnya yang telah diaj ar kan SAMP AI UTS untuk menja wab , dan terang kan masing -masing pemikiran da n argumen anda denga n BERDASARKAN aneka  Teori ini .

  Jika ada jawab an-jawab an yang sam a serupa , ma ka para penjawab  aka n dimintai  pertang gungjawabannya, berisiko pengulan gan Uj ian denga n konsekuensi nilai tidak penuh atau pembekua n nilai atau bahka n pembatalan  nilai total.



1.  SO AL MENGENAI PENGU ASAAN T EORI DASAR AKID AH ISLAM (Nilai 25%) 

a.  Terangka n se jelas-jelasnya mengenai Is lam, Ima n, dan Ihs an. Lebih baik, jika juga beserta dali l sum ber rujukannya da lam ag ama Is lam, baik dari Al Quran maupun  Al Ha dits  (As Sunna h).

b.  Terangka n cont oh sehar i-ha ri dari  (masing-mas ing ) bag aimana ca ra berislam,  ber iman, dan berihsan .  c.  Terangka n contoh se hari -har i tentang  perilaku o rang yang  berislam, namun bole h jadi se dang tidak

beriman, apa lagi yang  juga  sedang tidak ber ihsa n.  d.  Terangka n conto h se hari-har i tentang  pelaks anaan Ihs an, yang  juga benar-benar mencakup Iman, dan

Is lam.   e.  Sebutkan jumlah Nabi dalam Is lam se suai ket erangan Hadits  dan se butkan setidaknya nama 25 Nabi d i

antaranya. 

2.  SO AL MENGENAI PENGU ASAAN TEORI D ASAR SEJARAH ISLAM DAN PERANG AKIDAH ATAU GHAZWUL ’AQIDAH (Nilai 25 %)

 a.  Terangka n se jelas-jelasnya mengenai Fi lsafat Mas a Yunani Kuno dan kesa lahannya  b.  Terangka n se jelas-jelasnya mengenai Fi lsafat Mas a Abad Pertengahan da n kes alahannya  c.  Terangka n se jelas-jelasnya mengenai Mas a Renaiss ance dan hu bunga nnya dengan  Is lam d.  Terangka n se jelas-jelasnya mengenai Fi lsafat Mas a Modern dan kes alahan nya  e.  Terangka n se jelas-jelasnya mengenai Fi lsafat Mas a Post-Modern dan hubunga nnya dengan Islam



UJ IAN  TENGAH SEMESTER  KELAS B MKDU ISLAM Selasa, 6 Novem ber 2012.

 3.  ST UD I KASU S I (Nilai 50%): 

Erwin  adala h s eorang laki- laki yang  se jak kecil a dalah se orang pelajar  se kolah yang  p intar , dengan b anyak nila i  se kolah yang  bagus se jak SD hingg a SMA (SMU), dan juga lulusan S-1 Tekn ik dari se buah inst itu t tek nologi  terkenal di Indones ia.

Walaup un orang Jawa, ia besar di lua r Jawa, kare n a orangt uanya bertugas  di luar pulau  Jawa.

Kedua ora ngtuanya, walaupu n berag ama Is lam, memang bukan berasa l dari  keluarga  yang  cu kup akrab  dengan aga ma Is lam dan kek ayaa n budayany a. Is lam tak  lebih da ripa da se bagai ritua l sa ja ba gi mereka,  misalnya untuk sy arat sa hnya men ikah da n se ba ga i alasan ’kum pul-kumpul’ di sa at Lebaran  (wal aupun tak  berpuas a Ramadha n as alkan ’kum pul-kumpul’).

Dan di kota tempat tempat ia dibesarkan di lua r Jawa itu, memang se kolah-sekolah yang  diangg ap bagus adalah se kolah Katol ik, se hing ga  orangt uanya yang  cenderung se kuler pun memas ukkannya ke se kolah Katolik. Ia se jak kecil, berse kolah di sek ola h Katoli k hingg a jenjang SMA.

Ia juga akhirnya murtad  dar i ag ama Is lam.

Ia menyamakan Katolik dan Protes tan dengan gemilangnya kebudayaan Barat (dua hal yang  se ring se cara mudah menjadi sa tu penyamarataan yang artinya se akan sa ma dan berhubungan kuat).  Menurutnya ,  tek nologi Barat - yang  untuknya mencengangk an - adalah karena aga ma dan ora ng-orang Katolik, Prost es tan, dan Yahudi, yang notabe ne adala h kaum mayoritas  dari bangsa  atau ras  kulit puti h (Kaukasia).

Dalam kehidupan se hari-ha rinya, kemud ian ia pu n terbias a dengan apa yang  ia angg ap se baga i tatacara dan  keg emilangan budaya-budaya Barat (itu). Apalag i pentingnya ilmu- pengetahuan, yang  se akan-akan menjadi cir i khas ke unggulan se kolah  Kristen-Kato lik d i ma sa  kini, sanga t ditek ankan oleh kedua orangtuanya. 

Dan melihat  seg ala kek acauan di Indo nesia, ia be r angg apan se gala kekacauan di In donesia a dalah  karena Is lam  dan o rang I slam, yang  memang adalah  mayoritas j umlahnya di Ind ones ia.

Mak a pada sa at ia mengalami  banyak tek anan da lam kehidupannya (te rmasuk berbagai go ncanga n keluarga )  ia pun kemud ian menja di terbias a untuk m encari  ket enangan dari kal imat-kalimat Inj il yang  telah diterjemahkan menjadi se demikian inda hnya tentunya, bukan ke sumber Islam, yang tak ia kenali atau yang ia tak  akrab dengannya. 

Dan karena ia kemudian menjadi penci nta ilmu -penget ahuan, se mentara kiblat ilmu -penget ahu an saa t ini boleh d ikatakan kiranya, adalah Barat, se makin lengk ap pulalah ki ranya alasan-alas annya untuk melakukan  ’migrasi’ agama  tersebut.

Ada pula kenya taan bahwa akhirnya setelah pernah menikah dengan se orang muslimah yang  entah mengapa kurang menunjukkan kecoc okan hu bunga n d i an tara mereka, istri keduanya yang  sa ngat  ia cintai  kemudian,  adalah se orang wanita yang  ia temui sa at itu dihamili o rang yang  tak bertang gungja wab, cantik, yang  berag ama Kristen-Protes tan pu la.





UJ IAN  TENGAH SEMESTER  KELAS B MKDU ISLAM Selasa, 6 Novem ber 2012.

 Ditambah faktor lain se iri ng dengan kejat uhan ekonomi orangt uanya karena ibunya yang  se nang berjudi, dan  adik laki-lak inya yang  tak pintar berse kolah namun suka  berspek ulas i bisnis, yang  membawa banyak mas alah besar - padaha l dari sudut pa ndangny a adiknya i tu se akan lebih menda lami Is lam karena le bih ra jin sholat -  maka ia merasa  menemukan ket enangan dan k eb enaran d i perempuan yang  ia cinta i itu , dan d i aja ran Kr isten  di masa se kolah Kato liknya,  yang tentu saja ia kait kan denga n i lmu-pe nget ahuan serta teknologi.

Ia juga bertemu banyak orang yang  telah  pinda h aga ma se jak jaman orangt uanya ke K rist en (d ari Is lam),  karena pemurtadan berked ok bantuan makanan, uang, kes empatan berse kolah, bahkan pekerjaa n. Sebagai catatan, ora ng2 in i b iasanya dari kalangan bawah, dulunya.   

Mak a karena ini dan ka rena sebab-sebab di atas , Erwin  tak se ga n meningg alkan ag ama asalnya, Is lam.

Orangtuanya yang  kemudian menyadari perana n  ag ama namun terlambat menyadar inya, tak  dap at berbuat  banyak. 

Ini adalah  bebera pa kalimat ucapan nya :

"Teknologi  Moder n ada lah seg alanya! Segala ha l d apat dih itung dengan Teknol ogi!"

"Ras Barat kulit putih (Kaukasia) dan perada ban  Krist ennya adalah yang  terbaik.  Bangs a kulit putih  patut menol ongi ba ngs a lain untuk le bih  berada b!"

"Indonesia yang kacau ada lah karena  agama Is lam dan musl im." 

 "Agama dan se ga la ancaman se rta atura nnya han yalah mitos atau d onge ng-takhay ul tak penting. "

"Semua ag ama mengajarkan kebaikan dan kebenaran, se mua ag ama sa ma sa ja, kalaupun Tuha n  itu ada, maka se mua aga ma menuju T uhan. Semu a aga ma baik dan be nar. Hanya jala nnya sa ja yang  berbeda-be da! Kalau Tuhan itu tidak pernah a da, aturan ag ama manapun bagus se muanya untuk landasan moral"



Ada aneka  kesimpulan kesalaha n Akidah  (d alam pan dan gan Islam ) dan  pengar uh salah aneka jenis A lira n Filsaf at dar i berba ga i masa (m isalnya  Filsaf at Ma sa Yunani Kuno, Abad Per tenga han, Ma sa Renaissance, Abad Mod ern, Abad Po s-Modern)  dalam  kasus ini.

Analisalah kasu s ini, denga n meng gunakan aneka pengetahu an,  terutam a yang  bertentangan denga n standa r Akidah  Islam da n pengaruh salah Aliran-aliran Filsafat, yan g telah diaj ar kan da lam perkuliaha n.

Sa mpai dengan UT S sehar usnya anda telah diaja rkan dan mem pelajari aneka jenis Aliran Filsafa t dan kesalaha n ma sing-ma sing dalam standar  Islam . Kita bersa ma meng etahui, anda memang belum mem pelaja ri dalam aneka  stand ar Akidah  Islam ya ng insya  Allah aka n mulai diajarka n setelah UTS.

Ma ka analisalah Kasus ini denga n UT AMANYA , denga n TITIK BERAT, pengetahu an and a aka n aneka kesalaha n Aliran-aliran Filsafat selam a bera bad-abad .





UJ IAN  TENGAH SEMESTER  KELAS B MKDU ISLAM Selasa, 6 Novem ber 2012.

 Sebutkan lah SECARA UM UM  KRITERIA kesalaha n Akidah  (ya ng bertentanga n denga n Akidah  Islam ) dan SECARA TERIN CI PENGARUH  aneka  Aliran Fi lsafa t ya ng suda h popu ler dengan disada ri atau tidak di sekitar  kita, denga n meny ebutkan NAMA D AN KRITERIA kesalaha n aliran Filsaf atnya BERKENAAN DENGAN ST UDI  KASU S INI.

Guna kanlah Da lil-dalil itu .

Ja nganlah  menjawab deng an hany a mengg unakan penda pat anda  pribadi!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal UTS MKDU ISLAM "

Post a Comment